Home » » Apa itu Deposito Berjangka?

Apa itu Deposito Berjangka?

Pengertian Deposito Berjangka

Apakah anda tahu Bagi beberapa orang khususnya para ibu rumah tangga, produk simpanan berupa deposito sering kali dijadikan sebagai alternatif tabungan yang sangat ideal? Pasti anda bertanya mengapa? Karena deposito memiliki jangka waktu. Sama dengan tabungan, hal yang sering dijadikan pertimbangan untuk memilih produk untuk didepositokan adalah bunga yang ditawarkan lebih besar daripada tabungan biasa. Lalu, kira-kira apa yang dimaksud dengan deposito? Bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya. 

Pengertian Deposito
Pengertian deposito berjangka merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Tidak seperti tabungan yang bisa Anda tarik kapan saja. Jika Anda memaksa untuk mengambil uang atau dana deposito sebelum waktu jatuh tempo, maka dana dalam deposito tersebut pun akan dikenakan potongan.  

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bunga deposito pada umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan. Hal ini terjadi karena dana yang Anda depositokan akan dikunci dalam jangka waktu tertentu, sehingga pihak bank merasa perlu untuk menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga pada rekening tabungan. Dan hal inilah yang menjadi daya tarik mengapa banyak orang yang mulai melakukan deposito. 

Jenis-jenis Deposito 

Deposito Berjangka 
Deposito berjangka merupakan simpanan yang penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan tanggal yang telah di janjikan antara deposan dan pihak bank. Deposito berjangka adalaah tipe deposito yang diterbitkan dengan jangka waktu tertentu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan juga 24 bulan. Deposito berjangka dapat diterbitkan atas nama perorangan atau lembaga pemilik deposito berjangka. 

Agar menarik minat masyarakat, biasanya pihak bank akan memberikan beragam insentif seperti hadiah ataupun sejenisnya. Insentif biasanya berupa jumlah nominal besar baik berupa bunga khusus atau hadiah menarik lainnya. Insentif ini juga biasa diberikan kepada nasabah yang loyal terhadap bank tersebut. Artinya deposito berjangka dengan nominal yang besar dan terus dipertahankan untuk jangka waku yang relative lama. 

Deposito on call
Deposito ini digunakan untuk deposan yang memiliki jumlah uang atau dana dalam jumlah besar dan sementara waktu belum digunakan. Penerbitan deposito on call ini mempunyai jangka waktu minimal 7 hari dan maksimal paling lama dari 1 bulan. 

Sertifikat Deposito
Sertifikat deposito merupakan hasil pengembangan dari deposito berjangka. Sertifikat deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperjualbelikan. Agar simpanan ini dapat diperjualbelikan dengan mudah, maka penarikan pada saat jatuh tempo dapat dilakukan atas unjuk, sehingga siapa pun yang memegang bukti simpanan tersebut dapat menguangkan pada saat jatuh tempo. 

Bagaimana cara Kerja Deposito?
Setelah mengetahui penjelasan dari apa deposito tersebut, hal yang tidak kalah penting yakni cara kerja deposito. Dalam deposito, salah satu karakteristik paling lazing adalah uang tidak bisa ditarik selama jangka waktu tertentu. Ketika Anda berinvestasi dalam deposito, maka Anda akan diberikan pilihan tenor atau jangka waktu tertentu, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun. 

Tiap jangka waktu tersebut disertai dengan suku bunga yang telah ditentukan oleh pihak bank yang Anda pilih. Semakin lama jangka waktu Anda menyimpan deposito, maka semakin naik suku bunga tiap tahunnya. Bank biasanya akan menetapkan bunga tiap tahunnya mulai dari angka 3,00% dan bertambah 0,05% pada kelipatan lama Anda menyimpan deposito tersebut. 

Hal ini berarti  jika Anda memilih berinvestasi dalam deposito berjangka dengan variasi waktu 3 bulan, maka Anda akan memperoleh suku bunga 3,05% per tahun pada saat jatuh tempo (akhir bulan ke-3).

Deposito memang bisa Anda lakukan di bank mana saja, namun jika Anda melakukan deposito dengan bank DBS Indonesia Anda akan mendapatkan beragam keunggulan.  Tidak hanya menyediakan deposito berjangka untuk rupiah, Bank DBS juga menyediakan untuk beberapa pilihan mata uang asing seperti USD, SGD, EUR, NZD, AUD, GBP, JPY, dan juga CHF. Pokok dan bunga juga bisa diperpanjang secara otomatis dan tersedia pula fasilitas rekening gabungan (Join account).

Follower