Home » , » Tips Pemakaian Pompa Air Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Pemakaian Pompa Air Agar Tidak Mudah Rusak

Pompa air alat elektrik penyedot air ini semakin hari semakin menjamur penggunaanya. Bisa dipastikan disetip rumah kini baik kota ataupun pedesaan pasti sudah menggunakan mesin pompa air untuk menyedot air dari dalam tanah. Di pasaran sendiri banyak di jual pompa air dengan beragam spesifikasi dan merk yang bisa Anda pilih.

Tips Pompa Air

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit tips untuk Anda bagaimana menggunakan sekaligus merawat pompa air agar awet dan tidak mudah rusak. Perawatan dan penggunaan yang baik tentunya dapat memperpanjang umur pompa air, apa lagi mengingat harga jual pompa air berikut pemasangannya tidaklah murah.

Tips Pemakaian Pompa Air Yang Baik

Gunakan Bak Penampuang Air
Menggunakan bak penampungan air atau toren tentunya sangat penting. Penggunaan toren atau bak air ini selain dapat menampung air juga dapat menghemat penggunaan listrik mesin pompa air. Bayangkan saja jika Anda tidak menggunakan bak penampung air, dalam sehari Anda akan memati nyalakan mesin pompa berulang kali sehingga daya listrik yang terpakai cukup banyak dan dapat menyebabkan pemborosan.

Pengecekan Mesin Pompa Secara Berkala
Melakukan pengecekan pada mesin pompa merupakan hal yang harus Anda lakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, dan yang bisa menyebabkan kerusakan yang dapat merembet ke komponen mesin pompa lainnya. Anda bisa melakukan pengecekan mesin pompa minimal 3 bulan sekali. 

Perawatan Secara Rutin
Melakukan perawatan merupakan hal yang utama dan yang mudah untuk Anda lakukan untuk menjaga pompa air agar tidak mudah rusak. Lakukan perawatan secara berkala pompa air dengan membersihkan pompa dari debu dan kotoran, karena debu yang menumpuk pada mesin pompa dapat menyumbat pegerakan dan kinerja pompa air.

Daya Listrik Yang Memadai
Penggunaan daya listrik yang tersedia ternyata dapat mempengaruhi kinerja pompa air. Jika tegangan daya listrik Anda tidak memadai atau kurang dari daya listrik pompa maka tentunya bisa membuat daya listrik pada rumah Anda akan turun. Dan jika daya Anda kurang lebih baik Anda melakukan tambah daya agar tidak terjadi naik turun lisrik saat menggunakan pompa air.

Dan itulah sedikit tips dari saya bagaimana menggunakan sekaligus merawat mesin pompa air agar tidak mudah rusak. Melakukan perawatan merupakan hal yang sangat penting apa lagi mengingat fungsi pompa air yang sangat penting. Dan karena kegunaanya yang penting sebagai penyedot dan pengalir air, tentunya Anda harus pintar memilih mesin pompa air jangan sampai Anda tergeriur dengan harga jual mesin pompa air yang murah namun kualitas diragukan.

Follower