Home » » Cara Hindari Perut Kembung Saat Puasa dan Diet

Cara Hindari Perut Kembung Saat Puasa dan Diet

Hindari Perut Kembung

Kesehatan - Perubahan pola makan seperti saat puasa ataupun diet sehat kerap kali seseorang merasa jadi kembung. Eu Yan Sang, ahli pengobatan tradisional China telah berbagi beberapa cara untuk menjaga pencernaan, seperti yang dilansir oleh The Newpaper, Selasa (9/5/2017):

- Konsumsi makanan hangat

Sistem pencernaan Anda memerlukan suhu optimal untuk mencerna dan memproses makanan dengan baik. Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan mentah dan dingin akan mengganggu keseimbangan suhu dan memperlambat proses pencernaan.

- Makan sewajarnya

Anda mungkin lupa diri ketika menemukan makanan kesukaan Anda. Padahal makan berlebihan akan menyebabkan penumpukan makanan dalam saluran pencernaan Anda dan menyebabkan kembung

- Kurangi  gorengan, makanan pedas, produk susu dan alkohol

Makanan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pada tubuh Anda. Makanan pedas seperti cabai, bawang putih, paprika, bawang merah dan jahe akan meningkatkan gerakan saluran pencernaan Anda, menghilangkan gas dan meningkatkan nafsu makan. Apabila Anda mengonsumsi berlebihan akan menyebabkan sakit perut karena rangsangan berlebihan pada saluran pencernaan.

- Batasi minum selama makan

Anda disarankan minum sedikit air hangat saat makan agar pencernaan Anda lebih baik. Terlalu banyak cairan di sistem pencernaan Anda akan menyebabkan kembung.

- Kurangi garam

Anda mungkin telah mengetahui bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan water retention atau gemuk air.

Selain itu, tingginya kadar garam dalam tubuh juga mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan ginjal. Anda disarankan tetap mengonsumsi garam dalam jumlah sedikit karena garam mampu mengikat lemak dan merusak diet Anda.

Follower