Home » , » Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Senantiasa Sehat

Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Senantiasa Sehat

Cara mengetahui Kehamian Secara Alami

Kehamilan adalah saat paling dinantikan oleh para pasangan yang baru menikah. Impian untuk memiliki buah hati sebagai penerus masa depan memang wajar adanya. Saat tanda – tanda kehamilan dirasa, ada yang memilih periksa ke dokter kandungan namun ada pula yang mencari cara mengetahui kehamilan secara alami.

Bagi Anda sebagai calon ibu muda, kehamilan bisa jadi menjadi masa – masa yang mendebarkan. Hal tersebut dikarenakan belum adanya pengalaman seputar kehamilan. Akan tetapi karena kehamilan haruslah dijaga dengan baik, tentu saja Anda diharuskan belajar tentang bagaimana caranya menjaga kehamilan muda. Terlebih saat usia kandungan masih muda, janin di dalam rahim masih sangat rentan.
Selanjutnya akan kami bahas mengenai cara menjaga kehamilan muda agar senantiasa sehat.

Atasi Keluhan Saat Hamil Muda
Saat hamil, Anda harus siap dengan perubahan fisik yang umumnya dialami oleh ibu hamil, seperti; payudara terasa nyeri, mual disertai muntah, sering buang air kecil, keinginan makan di luar kebiasaan Anda bahkan ada pula yang nafsu makannya justru menurun. 
Agar keluhan – keluhan tersebut bisa segera diatasi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering. Selain itu Anda juga harus banyak minum air putih, bisa juga diselingi dengan meminum jahe hangat. Untuk mengatasi rasa lemas, penuhi asupan protein dan zat besi. Sedangkan untuk mencegah adanya sembelit, sebaiknya Anda membatasi mengonsumsi kafein.

Hindari Merokok
Banyak kandungan ibu hamil yang akhirnya mengalami keguguran, plasenta bermasalah hingga ada juga yang mengalami persalinan prematur. Hal – hal tersebut merupakan akibat dari merokok ketika hamil. Penelitian lain menyebutkan bahwa ibu hamil yang merokok juga bisa memunculkan potensi bibir sumbing. 

Dengan demikian, pastikan Anda menghindari rokok maupun minuman beralkohol saat tengah hamil. Tujuannya adalah agar saat bayi lahir, resiko – resiko seperti gangguan belajar, berat badan kurang, kesulitan berbicara dan lainnya dapat dihindari. Sedangkan untuk menghindari terjadinya keguguran, Anda harus membatasi konsumsi terhadap kafein.

Perhatikan Kondisi Emosi Anda
Saat hamil, muncul berbagai emosi yang akan sering dirasakan, seperti gembira, lelah dan bersemangat, atau bisa juga justru merasa gelisah. Umumnya Anda akan merasa cemas terhadap kondisi bayi dalam kandungan, belum yakin apakah nantinya bisa menjadi ibu yang baik, belum lagi jika saat ini Anda sedang bermasalah dengan finansial. Jangan sampai kondisi – kondisi tersebut membuat Anda stress dan tertekan ya.

Wajar ketika hamil Anda akan lebih sering mengalami perubahan emosi. Nikmatilah momen – momen tersebut. Mintalah dukungan dari pasangan maupun keluarga. Namun apabila perubahan emosi dinilai sangat mengganggu, tidak ada salahnya apabila Anda berkonsultasi dengan psikolog atau dokter.

Mempererat Hubungan Dengan Pasangan
Saat hamil, Anda sangat membutuhkan dukungan dari keluarga, terutama pasangan. Oleh karena itu jalinlah komunikasi yang sehat dan terbuka. Ungkapkan dengan terus terang ketika Anda merasa butuh, khawatir dan lainnya. 

Tujuannya adalah agar Anda tidak menyimpan masalah seorang diri. Sebab apapun yang Anda alami dan rasakan saat hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu ajaklah pasangan untuk bekerja sama dalam menjaga kehamilan Anda tersebut. 

Demikian tadi beberapa tips yang bisa dilakukan demi menjaga kehamilan muda. Apabila di awal Anda mencari cara mengetahui kehamilan secara alami, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah bagaimana cara menjaga kehamilan itu sendiri. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk pergi ke dokter kandungan guna memeriksakan kandungan hingga meminta arahan dan saran dari dokter.

Semoga informasi wahyoe.info di atas bermanfaat ya.

Follower