Home » » Kelebihan dan Tips Membeli Laptop Gaming Murah

Kelebihan dan Tips Membeli Laptop Gaming Murah

Laptop Gaming Bhinneka

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menggunakan laptop untuk bermain game. Oleh sebab itu, kini berbagai macam laptop gaming pun semakin banyak bermunculan. Anda dengan mudah menjumpai laptop gaming yang dipajang di toko-toko yang menjual komputer atau laptop. Ketika sedang ada pameran atau bazar komputer pun anda akan dengan mudah menemukan laptop gaming ini.

Biasanya harga laptop gaming memang relatif lebih mahal jika dibandingakn dengan laptop-laptop lainnya. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang dimiliki oleh laptop gaming memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan laptop-laptop lainnya.

Perbedaan PC Gaming dan Laptop Gaming

Tidak sedikit orang yang mengklaim bahwa untuk masalah bermain game, maka lebih baik menggunakan PC gaming daripada menggunakan laptop. Memang pendapat tersebut juga ada benarnya mengingat bahwa PC sendiri mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan laptop, terlebih lagi untuk urusan bermain game. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh PC gaming adalah kemudahannya dalam hal upgrade hardware. Selain itu juga harga dari PC gaming biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan laptop gaming dengan kemampuan dan spesifikasi sejenis. Sistem pendingin pada PC gaming pun lebih baik sehingga membuat perangkat lebih tahan lama ketika digunakan bermain game selama berjam-jam.

Akan tetapi tidak kalah dengan PC, laptop gaming pun memiliki nilai tambah tersendiri. Salah satu kelebihannya adalah laptop gaming lebih simple, efisien dan juga mudah dibawa kemana-mana. Sehingga anda dapat bermain game dimanapun anda berada. Dengan menggunakan laptop gaming anda dapat bermain game bersama teman-teman tercinta di dalam satu tempat yang sama.

Tips Memilih Laptop Gaming

Jika anda hendak membeli sebuah laptop gaming, maka alangkah lebih baiknya bagi anda untuk menyimak beberapa tips berikut.

1.    Perhatikan Prosesor Yang Digunakan
Prosesor merupakan otak pemroses data dari laptop. Semakin tinggi spesifikasi sebuah prosesor, maka performanya pun semakin baik. Saat ini laptop gaming biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor berspesifikasi tinggi, baik itu dari Intel maupun dari AMD. Semakin banyak sebuah inti atau core dari prosesor maka dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Sebaiknya pilih prosesor dengan non ULV, karena prosesor dengan ULV kurang bagus untuk gaming.

Selain itu juga laptop gaming yang digunakan untuk game berat dengan durasi panjang, maka sebaiknya gunakan prosesor dari Intel. Karena prosesor ini telah terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas. Gunakan juga prosesor dengan label MQ ataupun HQ yang memang disiapkan untuk melakukan pekerjaan berat.

2.    Perhatikan VGA Yang Digunakan
Biasanya orang yang akan membeli laptop gaming lebih memperhatikan besar memori pada VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut. Padahal seharusnya yang lebih diperhatikan adalah seri chipset VGA, bukan memorinya. Besar VRAM sangatlah penting jika digunakan untuk keperluan grafis, akan tetapi jika digunakan untuk gaming, besaran VRAM tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk lebih memudahkan anda dalam memilih VGA untuk gaming maka perhatikanlah seri chipsetnya, seperti misalnya Nvidia GeForce GT 720 M. Cara membacanya adalah pada digit pertama menunjukan generasi Nvidia ke-7. Sedangkan pada digit ke dua dan ke tiga menunjukan tingkatan kelas atau performanya. Semakin tinggi angka tersebut maka semakin bagus performa VGA tersebut. Hal yang utama yang harus diperhatikan adalah digit ke dua dan ke tiga seri chipset VGA tersebut.

3.    Perhatikan Besar RAM
Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh laptop gaming, maka akan semakin lancar pula proses multitasking-nya. Rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed RAM. Maka dari itu jangan terlalu disibukan dengan clock speed RAM.

4.    Perhatikan Kapasitas Hardisk
Untuk sebuah laptop gaming minimal kapasitas hardisk adalah 500 GB. Jika anda memiliki dana lebih maka tidak ada salahnya untuk meng-upgrade kapasitas hardisk menjadi lebih besar. Meningkatkan kapasitas hardisk tidak hanya memperbesar kapasitas penyimpanan saja, akan tetapi juga meningkatkan kinerja laptop.

5.    Perhatikan Kapasitas Baterai
Daya tahan baterai pada laptop gaming sering kali menjadi masalah. Kebanyakan baterai tidak dapat bertahan lebih dari 2 jam ketika digunakan bermain game. Baterai laptop gaming dibedakan menjadi baterai removable dan non removable. Sebaiknya anda memilih baterai removable atau yang mudah dilepas agar mudah dalam penggantian ketika baterai tersebut rusak.

6.    Perhatikan Resolusi Layar
Untuk sebuah laptop gaming, resolusi layar minimal adalah FHD 1920 x 1080. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inci.

7.    Perhatikan Keyboard Yang Digunakan
Keyboard menjadi bagian yang paling sering digunakan pada laptop gaming. Sekarang ini keyboard laptop gaming telah dilengkapi dengan backlight untuk memudahkan para gamers menekan tombol saat keadaan gelap. Selain itu juga sebaiknya anda memilih laptop dengan keyboard yang memiliki Numpad untuk memudahkan pengetikan angka secara cepat.

8.    Perhatikan Banyaknya Port Yang Tersemat
Pastikan laptop gaming yang akan anda beli memiliki port USB 2.0, USB 3.0 HDMI port serta D-Sub Port. USB port digunakan untuk memasang peripheral yang mendukung kenyamanan gaming. Sedangkan HDMI dan D-Sub untuk menghubungkan laptop dengan layar LCD atau TV.

9.    Pilih Laptop Yang Dapat Di-Upgrade
Pilihlah laptop yang mendukung untuk upgrade komponen seperti RAM dan HDD. Dengan upgrade komponen maka akan ikut meningkatkan kinerja laptop tersebut.

10.    Perhatikan Garansi Laptop
Hal terakhir adalah perhatikan garansi laptop gaming tersebut. Rata-rata vendor memberikan garansi 1 tahun. Jika ada yang menawarkan garansi lebih dari 1 tahun maka itu lebih bagus.

Harga Laptop Gaming Dibawah 10 Juta.
Harga laptop gaming memang dibanderol lebih mahal dari harga laptop biasanya. Akan tetapi hal tersebut tidaklah mutlak, karena masih ada laptop murah dibawah 10 juta yang juga mendukung untuk aktivitas gaming. Lantas apa sajakah laptop tersebut?

1.    Acer Aspire E5-475G
Laptop gaming dari acer ini dibanderol dengan harga 5.5 juta saja. Spesifikasi yang dibawanya meliputi prosesor Intel i3 2.3 GHz dengan VGA Nvidia Geforce GT940MX 2GB serta RAM 2 GB dan HDD 500 GB.

2.    Acer Aspire E5-551
Mengandalkan prosesor AMD berkecepatan 1.9-3.2 GHz dan VGA AMD Radeon 2GB, laptop gaming ini juga didukung dengan HDD 500 GB serta RAM 4GB. Harganya hanya 5.7 juta saja.

3.    Asus X455LJ
Produk Asus ini mengusung prosesor Intel i3 2.0 GHz dengan VGA Nvidia GeForce 2 GB dan RAM 4 GB serta kapasitas HDD 500 GB. Harganya hanya 5.6 juta saja.

4.    Asus A455LN
Laptop gaming satu ini membawa prosesor Intel i3 berkecepatan 1.9 GHz dengan dukungan VGA Nvidia GeForce 2GB serta HDD 500 GB dan RAM 2GB. Harganya hanya 5.4 juta rupiah saja.

5.    Asus A455LF
Terakhir adalah Asus A455LF yang dibanderol seharga 5.6 juta rupiah. Spesifikasinya mengusung prosesor Intel i3 1.7 GHz yang didukung dengan VGA Nvidia GeForce 2 GB serta HDD 500 GB dan RAM 2 GB.

Nah itulah sekelumit mengenai laptop gaming. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membeli salah satu laptop gaming tersebut

Follower