Home » » Cara Daftar PERUMNAS (Program Rumah Murah Pemerintah) Membingungkan ?

Cara Daftar PERUMNAS (Program Rumah Murah Pemerintah) Membingungkan ?

Foto Perumnas

Cara Daftar Perumnas Program Sejuta Rumah Pemerintah -  Memiliki rumah sendiri adalah Idaman setiap orang, namun tidak semua orang beruntung bisa membeli rumah sendiri. Masih banyak orang yang belum memiliki rumah dan terpaksa nge-Kos atau ngontrak. Oleh karena itu pemerintah tidak tinggal diam melihat rakyatnya yang banyak kesusahan karena belum memiliki tempat tinggal. Pemerintah meluncurkan program sejuta rumah murah bersubsidi melalui PERUMNAS yang disebar di berbagai daerah Indonesia seperti Perumahan Murah Jakarta dan ratusan kota di Indonesia lainnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oh iya mungkin sobat Wahyoe masih banyak yang belum tahu seperti apa sih program sejuta rumah dari pemerintah ini dan apa itu PERUMNAS.  Nah , bisa jadi sobat wahyoe salah menyangka dari Program Sejuta Rumah mungkin ada yang mengira program ini program bagi-bagi rumah dari pemerintah, salah! yang benar ialah Padahal, Program Sejuta Rumah sama seperti  soabat membeli rumah biasa secara kredit seperti program KPR biasa yang membutuhkan sejumlah prosedur tertentu. Hanya saja PERUMNAS ini DP, angsuran, dan prosesnya terbilang mudah dan lebih murah karena di subsidi oleh pemerintah namun proses survei dan serangkaian persiapan lainnya tetap harus dipenuhi sebelum sobat bisa memiliki rumah murah.

Sedangkan Perumnas ialah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) dimana keseluruhan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah. Perumnas didirikan sebagai solusi pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak bagi masyarakat menengah ke bawah.

Perusahan didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1974, diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1988, dan disempurnakan melalui Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2004 tanggal 10 Mei 2004. Sejak didirikan tahun 1974, Perumnas selalu tampil dan berperan sebagai pioneer dalam penyediaan perumahan dan permukiman bagai masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Program sejuta rumahdibagi menjadi dua tujuan target pasar. Sebanyak 600.000 rumah diperuntukkan untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), sementara 400.000 rumah lainnya untuk masyarkaat non-MBR.

Rumah yang diperuntukkan bagi MBR sudah  dilengkapi sistem KPR subsidi yang tentunya meringankan beban masyarakat dengan penghasilan rendah. Jadi jangan heran jika rumah dari Perumnas harganya dan angsurannya mungkin lebih murah dari jika sobat kredit rumah biasa non subsidi.

Namun edukasi maupun sosialisasi mengenai program sejuta rumah ini sangat minim , bahkan bagi admin sendiri masih sangat bingung mengenai detail program sejuta rumah ini seperti dimana saja lokasinya, apa saja persyaratannya dan berapa biayanya. Bahkan tempat dimana untuk daftar perumnas atau daftar beli rumah ini aku sendiri tidak mengetahuinya. Nah jika ada sobat wahyoe yang mengetahui detailnya mengenai program perumahan dari pemerintah ini silahkan sobat berkomentar pada kolom komentar yang ada di bawah ini ya.



Follower