Home » » Tips Mencuci Gorden Yang Mudah Dan Praktis

Tips Mencuci Gorden Yang Mudah Dan Praktis

Cuci Gorden

Gorden di rumah yang berfungsi sebagai tirai dan pelindung kaca dari cahaya matahari, seringkali kita biarkan menggantung dalam waktu yang lama. Ini membuat gorden yang tadinya bersih, lama-kelamaan berdebu dan menjadi kotor. Fungsi gorden sebagai hiasan untuk membuat tampilan rumah menjadi semakin cantik, akan berkurang fungsinya jika warnanya berubah akibat debu. 

Agar rumah tetap terlihat cantik dan nyaman, ada baiknya perhatikan kebersihan gorden. Sama seperti halnya baju atau seprei, gorden juga sebaiknya dicuci secara rutin. Untuk gorden, minimal cuci 1 bulan sekali. 

Ada beberapa tips dalam mencuci gorden yang bisa diterapkan, ini untuk mencegah rusaknya gorden akibat kesalahan saat proses pencucian. Apa saja tipsnya?

Mencuci dengan mesin cuci
Untuk bagaimana Cara mencuci dengan mesin cuci harus dilakukan secara hati-hati, jika tidak ingin gorden kesayangan menjadi rusak. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lakukan pemeriksaan pada label gorden, apakah layak untuk dicuci menggunakan mesin cuci atau tidak. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis gorden bisa dicuci dengan mesin cuci, contohnya gorden yang berbahan jenis kain woll, sutra, rayon dan kain tipis. Selain itu, gorden yang memiliki rumbai atau bordir sebaiknya jangan dimasukkan dalam mesin cuci. 

Jika ingin menggunakan mesin cuci, pastikan jangan mencampurkan gorden yang berbeda dalam satu putaran, lakukan pemilahan terlebih dahulu. Untuk membuat gorden bersih, sebelum dicuci menggunakan mesin cuci, ada baiknya rendam terlebih dahulu dalam air yang telah dicampur dengan detergen. Setelah itu, lakukan proses pencucian dengan intensitas pemutaran yang sedang. Agar gorden wangi, jangan lupa untuk melengkapinya dengan pewangi usai mencuci.

Mencuci dengan tangan
Proses mencuci gorden dengan tangan, mungkin sedikit lebih susah dan memerlukan lebih banyak tenaga dibandingkan saat mencuci menggunakan mesin cuci. Namun jangan khawatir, masalah ini dapat diatasi dengan merendam gorden terlebih dahulu menggunakan air detergen selama 2-3 jam. Proses perendaman ini berfungsi untuk menghilangkan bau dan debu yang menempel pada gorden. Setelah itu, baru kucek perlahan di bagian gorden yang masih terdapat kotoran debu, bilas gorden dengan air bersih serta rendam sebentar dalam pewangi dan pelembut. 

Usai proses pencucian, jemur gorden di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Sebaiknya gantung serta rentangkan gorden saat menjemur agar tidak lecek dan terdapat lipatan pada kain. 

Untuk keharuman yang awet dan tahan lama, gunakan Molto White Musk sebagai pelembut dan pewangi gorden!

Follower