Home » , » Inilah Apa Saja Penyebab Bayi Lahir Prematur

Inilah Apa Saja Penyebab Bayi Lahir Prematur

Bayi Prematur

Ternyata Ini Penyebab Bayi Lahir Prematur?! Ibu Hamil Harus Tahu! - Bagi perempuan yang sedang hamil, pasti menginginkan bayinya lahir dengan baik tanpa ada cacat sedikitpun. Namun, resiko kelahiran bayi prematur seringkali mengintai para ibu hamil sehingga tak jarang hal ini menimbulkan rasa khawatir. 

Memang pada dasarnya, setiap ibu hamil memiliki resiko akan kelahiran bayi prematur tetapi resiko ini tentu dapat ditekan atau diminimalisir dengan melakukan berbagai cara. Hingga saat ini, belum ada kepastian ibu hamil yang seperti apa yang bisa melahirkan bayi prematur. Meski begitu, ada beberapa hal yang berpotensi besar menjadi  penyebab bayi lahir prematur, beberapa diantaranya 
sebagai berikut:

Wanita yang pernah memiliki riwayat melahirkan prematur
Wanita yang mengandung janin tidak normal atau bermasalah
Wanita yang mengandung bayi kembar

Dari ketiga kelompok di atas, ternyata faktor gaya hidup ibu hamil juga dapat memberikan dampak terhadap resiko kelahiran bayi prematur, apa sajakah itu?

Ibu hamil memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol
Mengkonsumsi obat terlarang atau narkoba
Sering mengalami stress yang tinggi
Mengalami kekerasan fisik, seksual atau emosional
Ibu hamil terlambat mendapat perawatan atau tidak melakukan perawatan kehamilan secara rutin
Tidak mendapatkan perhatian, kasih sayang dan juga dukungan sosial dari orang terdekat atau lingkungan sekitar
Sering mengalami kelelahan akibat bekerja
Asupan gizi selama hamil tidak tercukupi dengan baik

Selain dari faktor gaya hidup ibu hamil, faktor kesehatan juga berpengaruh besar terhadap meningkatnya resiko kehamilan prematur. Dari hasil penelitian menyebutkan, salah satu penyebab bayi lahir prematur ialah adanya respon alamiah dari tubuh ibu hamil terhadap bakteri tertentu. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang bisa menimbulkan bayi lahir prematur:

1. Adanya infeksi vagina seperti infeksi oleh Bacterial vaginosis
2. Ketuban yang pecah lebih cepat
3. Infeksi saluran kencing
4. Infeksi yang terjadi pada membran rahim
5. Ibu hamil menderita penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan penyumbatan pembuluh darah
6. Terjadinya pendarahan pada vagina

Melihat banyaknya penyebab resiko kelahiran prematur, maka sudah seharusnya ibu hamil melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin. Lakukan pemeriksaan sejak dini agar janin dalam kandungan terjaga dengan baik hingga saat melahirkan tiba. Ibu hamil dapat melakukan konsultasi dengan bidan terdekat atau dokter kandungan. Mari, cegah kelahiran bayi prematur dan resiko kematian ibu hamil dengan cara melakukan perawatan yang baik dan tepat serta membekali ibu hamil dengan informasi seputar kehamilan!

Follower