Home » » 5 Hal Penting Sebelum Menggunakan Behel

5 Hal Penting Sebelum Menggunakan Behel

Pasang Kawat Gigi Konsula

Apakah selama ini sobat Wahyoe kurang percaya diri karena susunan gigi yang berantakan? ingin memiliki gigi yang lebih rapi? behel atau memasang kawat gigi mungkin bisa jadi solusi. Penggunaan behel saat ini mulai jadi trend dikalangan anak muda hingga orang dewasa dalam mengatasi gigi yang bermasalah terutama dalam soal susunan gigi. Untuk bisa melakukan pemasangan behel, diperlukan dokter gigi spesialis atau ahli ortodontis. Tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena ini memerlukan proses yang tidak mudah serta melalui beberapa prosedur.

Bagi anda yang berminat, tak perlu khawatir karena kini sudah banyak ahli ortodontis yang menyediakan layanan pasang behel. Bahkan, untuk anda yang berada di wilayah Jakarta, bisa menemui jasa pasang kawat gigi di Jakarta dengan mudah. 

Sebelum anda memutuskan untuk memasang kawat gigi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting terkait behel. Ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi anda yang masih bingung atau belum mantap mau menggunakan behel atau tidak.

Fungsi Behel
Dalam pertumbuhan gigi, terkadang ada saja yang membuatnya tumbuh dengan tidak baik, seperti bertumpuk, terlalu renggang, gingsul atau terlalu maju ke depan. Hal-hal seperti ini bisa sangat mempengaruhi penampilan sehingga tak jarang dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu, perlu alat terapi medis khusus gigi yang bermasalah seperti yang disebutkan tadi agar gigi menjadi lebih rapi. 

Inilah fungsi penggunaan behel yaitu merapikan atau membuat susunan gigi menjadi lebih selaras atau sesuai dengan yang diinginkan. Dalam perkembangannya, behel juga berfungsi sebagai aksesoris yang dapat membuat tampilan gigi menjadi lebih menarik.

Prosedur Pemasangan 
Sebelum pemasangan behel dilakukan, pasien harus melalui beberapa tahap prosedur seperti konsultasi, pemeriksaan, foto wajah dari berbagai sisi serta cetak gigi. Apabila ada gigi yang dirasa mengganggu proses pemasangan behel, tak jarang sebagian gigi harus dicabut. 

Jangka waktu Penggunaan
Penggunaan behel memiliki jangka waktu tertentu agar gigi dapat terbentuk secara rapi meski behel nanti sudah dilepas. Umumnya penggunaan behel berkisar antara 1-3 tahun, tergantung dari masalah gigi yang terjadi pada pasien. Jadi, behel tidak digunakan secara permanent atau terus menerus.

Efek Penggunaan 
Beberapa efek atau dampak penggunaan behel bagi pasien adalah timbulnya rasa nyeri pada awal penggunaan, sering menyebabkan sariawan, tidak bisa mengkonsumsi makanan yang keras dan apabila tidak melakukan perawatan gigi dan kesehatan mulut secara rutin, maka dapat berdampak pada timbulnya flak, menjadikan warna kuning pada gigi serta timbulnya gangguan kesehatan pada mulut.

Perlu Perawatan Khusus
Menggunakan behel perlu perawatan khusus dan rutin, anda tidak bisa secara sembarangan membersihkan gigi sama seperti biasanya saat tidak menggunakan behel. Selain perlu konsultasi dan perawatan rutin ke ahli ortodontis pasca pemasangan behel, anda juga dituntut untuk lebih berhati-hati dalam perawatan harian seperti menggunakan sikat gigi khusus, perlu pasta gigi sensitif, obat kumur, konsumsi vitamin, menghindari makanan keras dan lengket serta membersihkan gigi secara teratur setelah makan dan hendak tidur.

Setelah mengetahui beberapa hal penting terkait penggunaan behel, apakah anda masih ingin mencoba memakai behel? Sebaiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Semoga bermanfaat!

Follower